Mendapatkan Akses Root Android

Setelah postingan saya sebelumnya tentang partisi SD card pada android. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana untuk mendapatkan akses root pada android. "loh kenapa harus dapatkan akses root?".
Akses root diperlukan sesuai kebutuhan. karena base system dari android adalah linux jadi pada android juga mempunya user root. User root adalah user tertinggi yang ada pada linux. Beberapa aplikasi yang ada pada android atau yang sudah kita install dari market ada yang perlu memakai akses root. misalnya aplikasi LINK2SD, ini aplikasi digunakan untuk memindahkan file instalasi aplikasi yang sudah terinstal dimemory phone ke SD Card.
Aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk meringankan beban dari memory phone pada handphone android yang penuh akan aplikasi-aplikasi yang telah terinstall. Tanpa user root aplikasi tersebut tidak dapat digunakan. Proses mendapatkan user root atau biasa disebut rooting oleh kalangan androiter yang saya berikan ini sangat mudah dan tidaklah susah, karena hanya menggunakan software.
saya telah mencoba berbagai cara proses rooting dan cara inilah yang mudah. Sebagian orang takut akan proses rooting ini karena terdengar kabar akan menghilangkan garansi dan berbagai efek lainya jika gagal, seperti rusaknya handphone dan hilangnya OS android. 
Tapi saya sebagai orang yang penasaran akan suatu hal tidak memperdulikan hal tersebut. Lalu membaca kartu garansi dan didalamnya tidak disebutkan tentang proses rooting. jadi klo terjadi sesuatu saya masih bisa meminta garansi :p.

Langkah-langkah proses Rooting :
1. Apapun yang terjadi pada Handphone Android anda adalah tanggun jawab anda.

2. Download software SuperOneClick, Anda bisa mendownload dari forum XDA-Developers

3. Matikan Antivirus, Karena beberapa dari software tersebut dikira Trojan oleh Antivirus, tapi tenang saja, saya telah mencoba dan tidak ada virus didalam software tersebut.

4. Sambungkan Handphone Anda ke PC dengan setingan SETTINGS - APPLICATIONS - DEVELOPMENT -> Centang USB Debugging dan Stay Awake

5. Setelah tersambung, jalankan SOC / SuperOneClick

6. Klik tombol "ROOT" dan tunggu beberapa saat.

7. Jika Succses maka di HP kamu akan terinstall aplikasi "Superuser", Aplikasi bericon Tengkorak Android berwarna hitam. Sebenarnya Aplikasi ini sudah ada dimarket dan kita bisa mendownload dan menginstallnya, saya pun sudah mencoba tapi tetap saja belum bisa mendapatkan akses root, maka saya mencoba SOC dan berhasil.

8. Selamat kamu berhasil mendapatkan akses root dan kamu bisa menggabungkan tutorial membagi partisi SD Card untuk memindahkan aplikasi ke SD Card

9. Jika kamu takut akan kehilangan garansi. Kamu bisa membalikan proses rooting tersebut ke user biasa dengan software tersebut dengan mengklik "UNROOT". Maka HP Android kamu akan kembali seperti semula.

jika ada kegagalan dalam proses rooting (Alhamdulillah saya tidak pernah) misalkan "Waiting for device" seperti yang disebutkan dalam forum XDA. coba kamu install dulu driver HP kamu ke PC. lalu ulangi lagi cara tersebut.




Source  :: http://note.izor.web.id/2011/05/mendapatkan-akses-root-android.html

0 Response to "Mendapatkan Akses Root Android"

Posting Komentar

Powered by Blogger