Tips & Trik Google+

Baru diisukan Google+ oleh Google sudah mendapat sambutan sangat baik dikalangan media. Ada isu munculnya Google+ akan menyaingi Facebook. Google menolak bahwa Google+ disebut sebagai situs jejaring sosial. Mungkin ada benarnya, karena privasi Google+ ditentukan oleh usernya sendiri. Untuk mendaftar Google+ telah dibuka pada 12 Juli 2011 bagi Indonesia. Google bahkan telah menyiapkan perubahan atas permintaan member ketika versi beta diluncurkan.
Beberapa tips dan trik untuk Google+ dibawah ini mungkin anda perlu anda ketahui ::

  • Import Contact Facebook ke Google+ (Mengakali Facebook)
Bagi anda yang sudah bergabung dengan Google+, rasanya sepi kalau contact list atau daftar teman anda hanya sedikit. Untuk menambah daftar teman, anda dapat mengundang teman-teman anda dengan menggunakan fasilitas invite yang sudah disediakan Google+. Kalau alamat email mereka tidak anda miliki dalam daftar kontak google mail yang anda gunakan untuk mendaftar ke google+, apalagi anda baru saja memiliki google mail. Dengan sangat terpaksa anda harus mengingat satu persatu alamat email mereka.

Bagaimana dengan teman-teman anda di facebook ? Rasanya ingin anda undang semua ke google+. Namun sayang fasilitas import kontak dari facebook ke google+ tidak disediakan. Maklum saja karena mereka sedang bersaing. Belum lagi menurut berita facebook telah memblockir beberapa aplikasi import contact. Dengan kondisi ini, mau tidak mau anda harus melakukan pekerjaan manual seperti diatas. Invite satu per satu teman-teman anda. Capek deh

Jangan khawatir, masih ada cara cepat untuk melakukan itu. Anda dapat mengundang semua teman-teman anda di facebook untuk bergabung ke google+ dengan cara cepat. Syarat utama, tentu saja anda sudah harus memiliki akun google+. Selanjutnya anda harus memiliki akun Yahoo Mail.

Langkah awal, buatlah cycle atau lingkaran pada googl+ anda, siapkan beberapa lingkarang dengan identifikasi yang berbeda. Misalnya keluarga, pacar, mantan pacar, teman sma, teman kuliah dll. Kalau sudah, ikuti langkah berikut ini.

Buka Akun Yahoo Mail Anda. Kemudian pilih kontak



Pilih Impor


Pilih Facebook

( Masukan otorisasi login ke facebook anda, kalau benar akan terlihat gambar proses dibawah ini)


Tunggu sampai proses import contact selesai

Setelah selesai pilih menu ekspor (lihat gambar pertama)

(Untuk import contact dari yahoo ke akun google mail, sebenarnya ada cara lain, namun cara dibawah ini rasanya lebih cepat)


Pilih Pilihan yang dilingkari merah

(simpan filenya dengan nama dan di tempat yang mudah anda ingat)

BUKA AKUN GMAIL

(kalau saat ini anda telah login ke google+, anda tinggal memilh menu gmail)

pilih contact


Pilih Import Contact


Berikan tanda centang pada ” also…. ” kemudian contact to pilih New Group

Pilih Choose File (carikan file hasil eport yahoo yang tadi anda simpan)


Click Import
(proses akan selesai dalam hitungan detik)

Masukan nama Group Baru (namakan saja facebook untuk menandai daftar kontak dari facebook)

Sampai tahap ini, anda sudah memiliki daftar kontak facebook pada google mail anda.

Proses selanjutnya, anda harus membuka google+ kemudian pilih cycle atau lingkaran

Pilih temukan dan undang


Sampai pada tahap ini, anda telah memiliki daftar teman facebook di google+. Selanjutnya anda tinggal menyeleksi mereka satu-persatu, kemudian menyeretnya kedalam cycle atau lingkaran yang sudah anda buat sebelumnya, atau anda dapat membuat lingkaran baru untuk mengidentifikasi mereka.

Setelah daftar teman facebook di kategorikan kedalam lingkaran. Untuk langkah terakhir, anda harus memilih tombol undangan yang terletak di bagian bawah.


Semua langkah sudah dilakukan dengan benar ? Sekarang saatnya anda menunggu saja, semoga mereka tertarik bergabung bersama anda di google+. Saat mereka bergabung, secara otomatis mereka sudah berada dalam lingkaran anda.

  • Update Status Facebook dari Status Google+
 Bagi yang sudah bergabung dan menikmati layanan google+, anda mungking sudah membaca beberapa berita mengenai usaha facebook memblockir beberapa aplikasi untuk memindahkan data kontak facebook ke Google + . Upaya pertahanan facebook mungkin akan berlanjut. Namun terdapat salah satu fasilitas facebook yang sulit untuk diblockir yaitu pengiriman status facebook dari email. Fasilitas ini dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pengguna google+ untuk memposting atau mengupdate status facebook langsung dari satus google+ secara bersamaan, cara ini juga terbuka untuk mengupdate status twitter sekaligus.

Untuk mengakali hal tersebut ikuti langkah dibawah ini (lihat gambar)


Click here to see a large version
  1. Buka alamat http://facebook.com/mobile
  2. Login
  3. Copykan alamat email dibawah ulpload via email (No 1)
  4. Login ke akun google+ anda
  5. Pilih fasilitas cycle atau lingkaran
  6. Pilih tambahkan orang baru, pastekan alamat email , kemudian enter. Berikan Nama dan tambahkan ke lingkaran anda, kemudian simpan. (no.2)
  7. Lihat dibawah layar, pilih undang “nama yang anda masukan di atas” (no. 3)
  8. Kalau berhasil, pada status FB anda akan terlihat seperti no. 4
  9. Buat status baru di google+. Pilih lingkaran dimana nama yang diatas dimasukan. Jangan lupa memberi tanda centang pada “kirimkan juga email kepada 1 orang yang belum menggunakan google+” . kemudian click bagikan (no.5)
  10. Apabila berhasil status google+ dan facebook anda akan sama (hasil lihat no 6 dan 7)


  •  Facebook dalam Google +
Akhir-akhir ini ramai dibicarakan Google +, sebuah jejaring sosial buatan Google yang diduga digunakan untuk menyaingi jejaring sosial yang saat ini sedang digandrungi jutaan orang di dunia yaitu Facebook. Meskipun Google + yang bisa diakses di http://plus.google.com masih terbatas untuk orang-orang yang telah diundang, tampak lebih efektif dibandingkan facebook. Hal ini tampak dari aktifnya kegiatan beberapa rekan yang enggan berkoar-kora di facebook, dan memilih untuk berkoar di Google +.

Sore tadi saya menemukan sebuah fitur baru yang mengintegrasikan Google + dengan Facebook. Bagi orang yang kurang suka membuka banyak tab mungkin akan sangat terbantu dengan fitur ini. Dimana kita mendapat sebuah tombol baru pada account Google + yang berguna untuk melihat stream Facebook account Google + kita. Sehingga kita tidak perlu membuka sebuah tab baru dengan Url http://facebook.com untuk sekedar melihat apa yang ada di halaman home account facebook.

Fitur ini bukanlah sebuah fitur aplikasi dalam Google +, namun merupakan sebuah plugin browser yang kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Saya menggunakan browser Mozilla Firefox untuk mengakses Google + dan Facebook. Plugin yang saya maksud bernama Google+Facebook. Mungkin ada beberapa rekan di sini yang sudah mencobanya.

Jika ingin menginstall plugin ini silakan langsung cek http://crossrider.com/install/519-google-facebook. Selain untuk Firefox juga tersedia untuk beberapa jenis browser seperti Chomre, IE 



  •  Shortcut dalam menggunakan Google+
Sudah punya akun Google+ dan masih sibuk mempelajari cara bermain-main di dalamnya? saya punya bocoran chat sheet yang akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih akrab dengan Google+. Here they are…

1. Untuk menulis huruf TEBAL, tambahkan asteriks di awal dan akhir kata: *kata* , contoh :*TeknoUp* akan menjadi TeknoUp

2. Untuk menulis huruf MIRING, tambahkan underscore di awal dan akhir kata: _kata_, contoh :_TeknoUp_ akan menjadi TeknoUp

3. Untuk menulis huruf dengan STRIKETHROUGH, tambahkan dash di awal dan akhir kata: -Kata-, ontoh :-TeknoUp- akan menjadi TeknoUp.

4. Mention kawan di postingan Anda dengan menambahkan + atau @ di awal kata: +skyvillezz atau @skyvillezz

5. Mengirim Private Message dengan cara sharing post pada orang-orang tertentu, dan disable reshare.

6. Klik timestamp pada sebuah post akan menampilkan post tersebut dengan sebuah permalink

7. Button HIJAU: Orang-orang yang tidak berada di circle Anda, bisa melihat postingan Anda.

Button BIRU: Hanya orang-orang yang ada dalam circle Anda bisa melihat postingan tersebut, kecuali jika postingan itu di-share.



8. HOTKEYS:
- Space: untuk scroll down Stream
- Shift+Space: untuk scroll up Stream
- J: Scroll down to next Google+ stream update ( scroll ke bawah untuk melihat stream Google+ selanjutnya )
- K: Scroll up to previous Google+ stream update ( scroll ke atas untuk melihat update stream Google+ sebelumnya )
- QQ: Jump to chat (Menekan dua kali Q memindahkan kursor Anda kotak pencarian di bagian 'chatting' dari Google +)

-Space : Scroll down stream by regular intervals ( Gulir ke bawah dengan interval yang teratur)

-Space + Shift : Scroll up stream by regular intervals ( Gulir ke atas dengan interval yang teratur)

-Enter :When a stream update is selected Enter moves your cursor to the comment box ( Ketika stream update dipilih Enter memindahkan kursor Anda ke kotak komentar)

Enter + Tab : Submit Comment : Mengirimkan komentar
- Return: Start comment ( memulai komtar )
- Tab Return: End Comment ( mengakhiri komentar )

9. Untuk mencegah orang lain sharing postingan Anda, klik tanda panah yang terdapat di kanan atas dari postingan tersebut, lalu choose ‘Disable reshare’.

10. Klik pada +1 button yang ada di sebuah post, sama artinya dengan ‘Like’ pada Facebook. Klik pada +1 button sekali lagi, akan membatalkan ‘Like’ yang dibuat sebelumnya.

11. Menggunakan +1 pada sebuah postingan tidak akan membuat postingan tersebut masuk dalam daftar +1 page milik Anda. Kecuali jika +1 dilakukan melalui web.

4 Response to "Tips & Trik Google+"

  1. Twicius says:

    tips yang bagus dan bermanfaat, ternyata fitur google plus banyak juga yah,

    Unknown says:

    lebih banyak dari itu malahan. . :)

    wah, ternyata facebook udah ada di google

    Unknown says:

    nice share....keep spirit all

Posting Komentar

Powered by Blogger