Tutorial HTML

Baiklah sobat, kita kembali ke (laptop) bahasan utama artikel ini yaitu mengenai HTML.

Apa itu HTML ?

HTML (Hypertext Markup Language)adalah merupakan suatu standar bahasa program yang di gunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen web. (itu menurut saya bro, kalo salah ya mohon di maafkan).


  • Mengenal Tag HTML



  • Perintah-perintah dalam HTML biasa di sebut dengan TAG. TAG ini kebanyakan mempunyai pasangan, yakni TAG pembuka dan penutup. Misal <b>...</b>, <i>...</i> dan lain sebagainya, dan TAG yang mempunyai pasangan ini juga bersifat Override yakni dapat menimpa fungsi TAG sebelumnya. Contoh : sebuah teks yang sudah di buat miring oleh tag <i> ... </i>, dapat di timpa oleh tag <b> ... </b> sehingga akan melahirkan dua hasil perintah yang berbeda sekaligus yakni kombinasi hurup miring dan hurup tebal, contoh :

    ini hanya <b><i>contoh </i></b> saja sobat

    yang akan tampil di browser adalah :


    ini hanya contoh saja sobat


    di samping TAG yang mempunyai pasangan, ada juga tag yang tidak memerlukan pasangan, misal TAG <hr> , <br> , ataupun <input>

    Sebuah Tag tidaklah sensitif terhadap Case (hurup besar atau kecil), jadi mau di tulis hurup besar ataupun huruf kecil akan menghasilkan fungsi yang sama. Sebagai contoh : fungsi Tag <b>....</b> akan sama dengan Tag <B> ....</B>.

  • Struktur dokumen HTML



  • Sebuah dokumen HTML terbagi kedalam tiga bagian utama, yakni HTML, HEAD, serta BODY.

    HTML

    Sebuah dokumen HTML haruslah diawali dengan tag <HTML> dan di tutup dengan </HTML>, Tag ini adalah sarana untuk memberikan informasi kepada browser bahwa apa-apa yang di tulis di dalamnya merupakan sebuah dokumen HTML.

    HEAD

    Bagian header dari sebuah dokumen HTML diawali oleh tag <HEAD> dan di tutup oleh tag </HEAD>, dan di dalam header di isi pula dengan tag title yakni judul dari dokumen, tag title ini di tulis dengan tag pembuka <TITLE> dan di tutup oleh tag </TITLE>, contoh : title dari blog ini adalah Blog Tutorial jadi untuk tittle nya di tulis seperti ini <TITLE> Blog Tutorial </TITLE>, akan tetapi di blogger.com untuk penulisan title tidak harus di tulis langsung pada tag title karena sudah di otomatisasi, alamatnya yaitu <$BlogPageTitle$>. Dalam pengisian title ini seyogya nya jangan asal-asalan, karena title merupakan hal pertama yang di lihat oleh search engine.

    Di dalam Header pun di isi pula dengan tag META, tag META ditulis dengan tag <META>, tag META ini biasanya memuat informasi mengenai dokumen HTML. dengan tag META kita bisa menentukan keyword, content,refresh, dan lainnya sebagainya. Khusus tentang tag META keyword akan di bahas lebih lanjut pada postingan selanjutnya.

    BODY

    Semua dokumen HTML yang di simpan di dalam BODY semisal teks, image, link, dan lain sebagainya akan di tampilakan dan bisa di lihat di dalam browser.

    Ok sahabat, mungkin pengenalan pertama mengenai HTML di cukupkan sekian dulu dan akan di teruskan pada postingan-postingan selanjutnya

    0 Response to "Tutorial HTML"

    Posting Komentar

    Powered by Blogger